Teknik Lingkungan

Program Studi Teknik Lingkungan adalah bidang keilmuan yang beriorientasi pada pengelolaan dan pemecahan masalah lingkungan dengan pendekatan rekayasa atau engineering. Masalah lingkungan yang dimaksud mencakup ketersediaan air minum, pengelolaan limbah baik padat, cair, maupun gas, analisis permasalahan lingkungan. Teknik Lingkungan di Podomoro University memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memelajari pengelolaan lingkungan, terutama di bidang properti dan industri dengan cara menyeimbangkan antara teori dan praktik. Lulusan dari prodi ini diharapkan akan dapat mengetahui pendekatan rekayasa untuk menangani permasalahan lingkungan di lahan dengan luasan terbatas. Pembangunan di kota-kota besar tentunya menghadapi kendala ketersediaan lahan, oleh karena itu lulusan dari prodi Teknik Lingkungan diharapkan dapat memilih teknologi pengelolaan yang tepat.

mengapa Teknik Lingkungan?

Program Studi Teknik Lingkungan adalah bidang keilmuan yang beriorientasi pada pengelolaan dan pemecahan masalah lingkungan dengan pedekatan rekayasa dan teknologi.

 

Mahasiswa dibekali dengan ilmu yang berkaitan dengan: penyediaan air minum; pengelolaan limbah padat, cair, maupun gas; analisis masalah lingkungan dan energi; serta kajian mengenai kesehatan dan keselamatan kerja. Materi pembelajaran mencakup kajian yang bersifat umum, tetapi dengan pendekatan rekayasa untuk dapat diterapkan pada bangunan-bangunan modern dan kawasan perumahan.

Visi

Menjadi program studi Teknik Lingkungan diakui secara nasional maupun internasional, dengan mengusung nilai-nilai inovatif dan kewirausahaan dalam bidang rekayasa lingkungan di sektor properti.

Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan sarjana di bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan yang aplikatif terutama pada sektor properti
  • Menyelenggarakan program pendidikan teknik lingkungan guna menghasilkan lulusan dengan penguasaan teori dan kemampuan praktis yang berimbang serta mempunyai jiwa kewirausahaan
  • Menerapkan suasana belajar mengajar yang kondusif untuk mendorong terciptanya sivitas akademika yang memiliki etika, jiwa yang tangguh dan profesional, serta keinginan belajar sepanjang hayat
  • Melakukan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna bagi lingkungan sekitar
profil lulusan

Sarjana yang menguasai ilmu di bidang Teknik Lingkungan serta mampu berpikir kreatif dalam memecahkan masalah lingkungan dengan kompetensi antara lain di bidang: konstruksi dan perancangan; operasional instalasi dan fasilitas pengelolaan; serta analisis lingkungan.

peluang karir

Para lulusan program studi ini dapat berkarir sebagai tenaga ahli, antara lain di sektor Industri konstruksi, Industri manufakturing, migas dan pertambangan, R&D dan pendidikan, Lembaga pemerintahan, kerja sama internasional dan NGO.