Festival Rivalitas 2024

30 April 2024

Event

Podomoro University mengadakan Festival Rivalitas yang diselenggarakan pada tanggal 22-26 April 2024. Festival ini merupakan festival olahraga dan seni yang terdiri dari serangkaian perlombaan dengan peserta mulai dari siswa SMA hingga perguruan tinggi. Festival ini diadakan oleh BEM Podomoro University sebagai ajang bersaing untuk menunjukan kemampuan dan mengembangkan diri. Karenanya, pada Festival Rivalitas tahun ini, menggunakan tema “Achieve Glory Through Competition” atau “Meraih Penghargaan Melalui Kompetisi”. Konsep ini terinspirasi dari pribadi atlet yang terus mengembangkan diri dan kemampuan melalui pertandingan. Pribadi yang gemar bertanding akan mampu untuk berkembang dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. 

Festival Rivalitas ini diadakan dengan tujuan untuk mendorong setiap peserta dalam mencari prestasi dan terus berkembang. Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Jonathan, ketua dari Festival Rivalitas, konsep yang dianut pada Festival Rivalitas 2024 ini adalah Accolade Adventure. Jonathan menceritakan bagaimana ia, sebagai mahasiswa, aktif dalam berbagai kegiatan dan menyukai pertandingan. Ia aktif dalam berbagai kegiatan olahraga, seperti gulat, futsal, kurash, dan judo. Menurutnya, keaktifan dalam berbagai kegiatan olahraga ini dilihat sebagai sebuah petualangan dalam mencari penghargaan dan pencapaian diri.  

Untuk bisa menggambarkan tujuan dan konsep dari acara ini, Jonathan dan seluruh panitia Festival Rivalitas menggunakan gambar peta, tropi, dan aliran air dalam logo yang mereka gunakan Peta melambangkan perjalanan dalam petualangan yang ditempuh. Trofi melambangkan pencapaian tertinggi yang ingin dicapai dan tujuan dari petualangan yang dilakukan. Sementara aliran air menggambarkan semangat dalam perjalanan untuk mencapai tujuan pencapaian tertinggi yang terus ada, mengalir bagaikan arus air. 

Pada Festival Rivalitas tahun ini, terdapat 4 cabang pertandingan yang terdiri dari, futsal, badminton, e-sport, dan modern dance. Pemilihan 4 cabang pertandingan ini berdasarkan hasil diskusi panitia acara bersama kemahasiswaan Podomoro University dengan harapan festival ini dapat diikuti oleh berbagai partisipan tanpa melihat gender maupun usia. Keberagaman peserta dalam festival ini terlihat pada banyaknya peserta yang mendaftar. Dalam Festival Rivalitas tahun ini, terdapat 17 SMA/SMK dan 7 perguruan tinggi yang mendaftar pada cabang-cabang lomba yang diselenggarakan, diantaranya Politeknik Sahid, LSPR, Universitas Pradita, SMA Budi Agung, SMA 1 Barunawati, SMK Pluit Raya, SMAN 111, dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya mengikuti lomba lebih dari 1 cabang perlombaan. Ini menunjukan antusias tinggi siswa dan mahasiswa dari SMA/SMK dan perguruan tinggi.